Walikelas dan Taruna XII NKPI 1

Wali Kelas adalah Guru yang membantu Kepala Sekolah untuk membimbing siswa dalam mewujudkan disiplin kelas, sebagai manajer dan motivator untuk membangkitkan gairah/minat siswa untuk beprestasi di kelas.
Guru yang diberikan tugas tambahan sebagai wali kelas diharapkan mampu untuk memotivasi para siswanya di kelas dan juga melakukan berbagai pendekatan konkrit kepada para siswa (baik itu siswa bermasalah ataupun tidak). oleh karena itu wali kelas harus menguasai berbagai cara dalam melakukan pendekatan pada siswa. Adakalanya seorang wali kelas bisa menjadi sosok orang tua dikala siswanya butuh pengayom, disisi lain seorang wali kelas juga harus mampu menjadi saudara, teman belajar dan lain sebagainya. Sehingga para siswa merasa nyaman dengan kehadiran wali kelas dan betah berada di kelas.

Menurut Jean & Morris dalam Foundation of Teaching, an Introduction to Modern Education: “Teacher are those person who consciously direct the experiences and behavior of and individual so that education takes place. Artinya, guru (wali kelas) adalah mereka yang secara sadar mengarahkan pengalaman dan tingkah laku dari seorang individu sehingga dapat terjadi pendidikan.

Selain itu seorang guru yang diberikan tugas tambahan sebagai wali kelas juga memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai berikut: 
  1. Pengelola kelas; 
  2. Memahami dan mengenal situasi kelasnya; 
  3. Menyelenggarakan administrasi kelas; 
  4. Memberikan motivasi kepada siswa agar belajar sungguh-sungguh di sekolah; 
  5. Memantapkan siswa di kelasnya, dalam melaksanakan tatakrama, sopan santun dan tata tertib di sekolah; 
  6. Menangani / mengatasi hambatan dan gangguan terhadap kelancaran kegiatan kelas dan atau kegiatan sekolah pada umumnya;
  7. Menggerakkan siswa di kelasnya untuk mengikuti kegiatan-kegiatan sekolah;
  8. Membimbing siswa kelasnya dalam melaksanakan kegiatanb ekstrakurikuler;
  9. Melakukan home visit;
  10. Mengisi / membagi Rapor kepada wali siswa;
  11. Memberikan masukan dalam penentuan kenaikan kelas bagi siswanya di kelasnya;
  12. Mengajukan saran dan usul kepada pimpinan sekolah mengenai siswa yang menjadi bimbingannya; 
  13. Mengarahkan siswa agar peduli dengan kebersihan dan peduli dengan lingkungannya;
  14. Membuat laporan tertulis secara rutin setiap bulan.
Sebagai seorang guru yang diberikan tugas tambahan sebagai wali kelas memang tidak mudah, tapi juga tidak sulit. Sebagai seorang muslim tentunya kita sadar bahwa teladan terbaik dalam hidup ini adalah Rosululloh maka dengan keteladan inilah dn kesabaran kita, maka para siswa kita juga bisa kita mengikuti jejak langkah baik kita dan merubah dirinya. berdasarkan dalil Firman Alloh yang artinya :"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Al-Baqarah: 216). Semoga bermanfaat.

Sumber:
http://seputarpengertian.blogspot.com/2018/02/pengertian-wali-kelas-serta-tugas-dan.html 
http://www.sman1sambungmacan.sch.id/p/tugas-guru-wali-kelas.html 
https://asysyariah.com/bisa-jadi-kamu-benci-sesuatu-tapi-itu-baik-bagimu/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kewirausahaan